Gempa Beruntun Getarkan Bukittinggi Hari Ini

  • Whatsapp

. Bukittinggi – Gempa mengguncang Kota Bukittinggi, Jumat (21/5) malam, dengan jarak waktu yang berdekatan. Sampai pukul 22.01 WIB, empat kali gempa terjadi.

Gempa pertama terjadi pukul 16.57 WIB dengan magnitudo 3,7 SR, kedalaman 3 km.

Gempa kedua pukul 21.36 WIB berkekuatan 4,0 SR. Disusul gempa ketiga, 3.2 SR, hanya berjarak dua menit, 21:38:20 WIB.  Yang ketiga ini terasa sampai ke Pangkalan. Kedalamannya hanya 5 Km. Walaupun terbilang tidak sampai 5 SR tapi kedua gempa itu dirasakan keras oleh warga.

BMKG mencatat gempa itu dirasakan III – IV MMI oleh warga di Bukittinggi sekitarnya. Gempa darat di Bukittinggi dikenal dengan patahan semangko, yang membujur di bawah Bukit Barisan.

Pukul 22.01.33 WIB, gempa kembali terjadi dengan magnitudo 3,4 SR. Total, hanya dengan rentang waktu 25 menit, terjadi tiga kali gempa.

Keempat gempa yang terjadi, berada dalam episentrum yang sama, 10 km barat laut Bukitinggi.

Gempa beruntun malam ini, juga terasa cukup keras di Padang Panjang. Seperti dikatakan seorang warga, Animar, yang mengaku merasakan gempa cukup kuat.

“Awalnya saya mengira, ada kucing berlari. Maklum, rumah saya lantai papan, tapi tak ada kucing. Saya baru sadar itu gempa.”ujarnya. (prokabar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *