Lawatan Timur Tengah, Wapres Akan Bertemu Presiden PEA Hingga Hadiri KTT Perubahan Iklim di Mesir

  • Whatsapp

Wapres dan Ibu Wury Ma’ruf Amin bertolak ke PEA, Selasa (01/11/2022). (Foto: BPMI Setwapres)

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin bertolak ke Timur Tengah, Selasa (01/11/2022), untuk melakukan kunjungan kerja ke Persatuan Emirat Arab (PEA) dan Mesir.

Pesawat Garuda Airbus 330 yang membawa Wapres dan rombongan lepas landas dari Bandar Udara (Bandara) Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten menuju Bandara Internasional Abu Dhabi, PEA sekitar pukul 10.00 WIB. Setelah menempuh penerbangan sekitar 8 jam 20 menit, Wapres diperkirakan tiba pada pukul 15.20 waktu setempat.

Di Abu Dhabi, Wapres dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Presiden Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ), Rabu (02/11/2022).  Di Istana Al Shatie, kedua pemimpin akan membahas sejumlah isu strategis kedua negara. Selanjutnya, Wapres diagendakan untuk bertemu dengan Presiden dan Sekretaris Jenderal Abu Dhabi Forum for Peace (ADFP)  dan kemudian memberikan pidato pada Pertemuan Ke-9 ADFP.

“Acara di Abu Dhabi, Wapres akan menghadiri sebuah seminar internasional mengenai forum perdamaian. Itu dihadiri oleh berbagai negara,” kata Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi.

Dalam acara tersebut, lanjut Masduki, Wapres akan berbicara mengenai kerukunan antarumat beragama di tanah air.

“Yang menarik bahwa Wapres dalam acara itu akan menyampaikan pengalaman-pengalaman yang penting bagi negara Indonesia yang sudah mampu mengelola hubungan baik antarumat beragama dan ini akan dijadikan contoh bagaimana Indonesia bisa melaksanakan kerukunan umat beragama dan bagaimana Islam sebagai mayoritas penduduknya di Indonesia tapi menghormati dan mempunyai hak-hak yang sama antara yang mayoritas dengan yang minoritas,” papar Masduki.

Selain di Abu Dhabi, Wapres juga akan melakukan kegiatan di Dubai. Kamis (03/11/2022), Wapres dijadwalkan melakukan pertemuan dengan perwakilan Dubai Holding di Hotel Raffles. Selain itu, di lokasi yang sama rencananya Wapres juga akan bertemu perwakilan Lembaga Publisher Global Islamic Index.

“Wapres akan bertemu beberapa petinggi penting di Dubai, yang akan dibicarakan itu adalah kemungkinan-kemungkinan kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah kota Dubai. [Termasuk] hubungan dagang dan hubungan ekonomi akan diintensifkan, bank syariah ataupun yang lain, yang penting keduanya bisa saling menguntungkan,” ungkapnya.

Pada hari keempat kunjungan, Jumat (04/11/2022), Wapres diagendakan meninjau Kantor Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Dubai. Kemudian pada sore harinya, Wapres dan rombongan bertolak ke Kairo, Mesir.

“Wapres akan berkunjung ke BSI karena itu memang satu-satunya bank syariah yang ada di Indonesia yang punya cabang itu di Dubai. Itu akan ada semacam kunjungan khusus dari Wapres,” ungkap Masduki.

Dari PEA, Wapres bertolak menuju Kairo, Mesir. Pada hari kelima kunjungan, Sabtu (05/11/2022), Wapres akan bertemu dengan para mahasiswa dan diaspora Indonesia di Wisma Duta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo. Pada kesempatan ini Wapres akan menyaksikan penyerahan 300 beasiswa Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kepada perwakilan mahasiswa Indonesia yang tengah melaksanakan studi di Mesir.

Kemudian pada keesokan harinya atau hari keenam kunjungan, Minggu (06/11/2022), Wapres akan mengunjungi Museum Nasional Peradaban Mesir. Usai peninjauan, Wapres dan rombongan dijadwalkan bertolak ke Sharm El Sheikh untuk menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim COP 27.

Pada hari ketujuh kunjungan, Senin (07/11/2022), Wapres akan menghadiri pembukaan KTT COP 27 di Sharm El Sheikh International Convention Center. Di KTT COP 27 ini, Wapres juga diagendakan untuk menyampaikan pidato (national statement) pada High Level Segment.

“KTT COP 27 adalah forum PBB [Perserikatan Bangsa-Bangsa] tahunan. Forum itu berbicara mengenai perubahan-perubahan iklim di mana seluruh negara harus bersepakat untuk mencapai tingkat kebersihan iklim dari yang sekarang. Indonesia sudah berkomitmen sedemikian rupa dan komitmen Indonesia akan disampaikan oleh Wapres di situ dengan harapan juga komitmen antara negara berkembang dan negara maju itu sama-sama bisa ditaati,” ujar Masduki.

Keesokan harinya atau hari kedelapan kunjungan, Selasa (08/11/2022), menurut Masduki, Wapres diagendakan kembali menghadiri High Level Segment hari kedua. Setelah itu, sebelum bertolak kembali ke Jakarta, Wapres akan menyempatkan diri meninjau Paviliun Indonesia yang ada di Sharm El Sheikh International Convention Center. (BPMI SETWAPRES/UN)

The post Lawatan Timur Tengah, Wapres Akan Bertemu Presiden PEA Hingga Hadiri KTT Perubahan Iklim di Mesir appeared first on Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

Pos terkait